Monday Jan 24, 2022

Menata Nuansa Interior Khas Jepang

Ingin membawa nuansa interior khas Jepang yang minimalis tapi tetap menawan ke rumah impian? Beberapa elemen kunci ini wajib masuk dalam penataanmu.

Sliding Door yang Ikonik

Salah satu elemen paling ikonik dalam rumah bergaya Jepang adalah kehadiran sliding doors yang disebut Shoji, alias pintu geser. Dalam masyarakat Jepang tradisional, pintu ini terbuat secara handmade dari rice paper yang dibingkai oleh kayu.

Shoji memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan swinging doors yang lebih umum digunakan di masyarakat Indonesia, karena lebih hemat ruangan pada rumah yang nggak terlalu luas. Selain itu, shoji cenderung tidak menimbulkan suara berderit ketika dibuka tutup, sehingga cocok untuk menunjang konsep ketenangan di dalam rumah.

Kehadiran Cahaya Alami

Selain desainnya yang minimalis, interior khas Jepang juga menekankan pada kehadiran cahaya alami di dalam rumah. Untuk mewujudkannya, kehadiran jendela lebar bisa menjadi salah satu trik yang bisa diterapkan di dalam interior rumah impian.

Kehadiran cahaya alami sangat penting dalam filosofi desain ala Jepang. Masyarakat Negeri Tirai Bambu percaya bahwa rumah yang memiliki pencahayaan alami yang baik dapat membuat orang di dalamnya jadi lebih produktif, bahagia, dan merasakan ketenangan.

Jalan Masuk dengan Style yang Khas

Gaya rumah ala Jepang memiliki jalan masuk yang khas, untuk membedakan area dalam dan luar rumah. Dalam kebudayaan Jepang, tamu yang masuk harus melepas alas kaki dan menatanya di area yang tersedia.

Salah satu style khas yang ada pada jalan masuk ala rumah bergaya Jepang adalah adanya satu atau dua anak tangga yang membuat ketinggiannya berbeda dengan area luar. Hal ini punya makna tersendiri agar debu dan kotoran dari luar nggak ikut masuk ke dalam rumah.

Mini Garden yang Menekankan pada Keseimbangan Alam

Salah satu filosofi rumah bergaya Jepang adalah memperhatikan keseimbangan di dalamnya. Selain memperhatikan interior lewat furnitur yang ada, sentuhan alam juga wajib masuk di dalamnya. Salah satunya diwujudkan dengan kehadiran mini garden dengan batuan di dalamnya.

Mini garden yang ada di dalam rumah ini biasanya terdiri dari bebatuan dan beberapa tumbuhan hijau yang bisa hidup di dalam rumah. Hal yang satu ini menjadi poin penting untuk menciptakan keseimbangan elemen di dalam rumah sekaligus menghadirkan ketenangan yang dibutuhkan.

Floor Furniture Style

Soal furnitur yang digunakan di dalam rumah, masyarakat Jepang memiliki gayanya tersendiri. Kalau diperhatikan, mereka lebih sering menggunakan konsep floor furniture style atau perabotan yang menyentuh lantai.

Penggunaan gaya furnitur ini sesuai dengan konsep minimalis dan simpel yang diusung konsep rumah ala Jepang. Misalnya saja tempat tidur yang berada di lantai hingga area ruang keluarga yang menggunakan meja kecil dengan alas duduk tatami. Terkesan simpel, cocok banget bagi kamu yang ingin mewujudkan konsep minimalis di dalam rumah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top