Monday Jan 24, 2022

Beberapa buah baik untuk menjaga kolesterol

Berikut beberapa buah untuk kolesterol yang baik untuk dikonsumsi dan membantu menjaga kadar kolesterol, apa saja ?

Alpukat

Salah satu cara memilih alpukat yang bagus adalah melalui warnanya. Alpukat yang sudah matang dan siap dimakan memiliki warna kulit hijau gelap, terkadang hampir berwarna hitam. Alpukat juga salah satu buah untuk menurunkan kolesterol. Buah dengan warna kulit hijau tua ini kaya akan nutrisi yang meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah studi di 2015 menyimpulkan bahwa makan satu buah alpukat setiap hari dan memadukannya dengan pola makan rendah kolesterol dan lemak moderat dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Efek ini didapatkan dengan menurunkan kolesterol LDL, tanpa menurunkan kolesterol HDL. Porsi 150 gram alpukat mengandung sekitar 14,7 gram lemak tak jenuh tunggal, yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL serta risiko penyakit jantung dan stroke.

Apel

Apel adalah salah satu buah untuk menurunkan kolesterol. Apel adalah salah satu buah untuk menurunkan kolesterol. Sebuah studi di 2019 meminta 40 peserta studi dengan kolesterol agak tinggi mengonsumsi dua buah apel per hari. Hasil penelitian menunjukkan penurunan tingkat trigliserida, tipe lemak dalam darah. Satu buah apel mengandung sekitar 3-7 gram serat makanan, tergantung dari ukurannya. Selain itu, apel juga mengandung polifenol yang dapat memberi efek positif terhadap kadar kolesterol.

Buah berry

Buah berry, seperti raspberry dan stroberi, dan anggur termasuk buah-buahan yang kaya serat larut, sehingga termasuk kelompok buah untuk menurunkan kolesterol. Buah berry, seperti raspberry dan stroberi, dan anggur termasuk buah-buahan yang kaya serat larut, sehingga termasuk kelompok buah untuk menurunkan kolesterol. Buah-buahan ini mendukung tubuh untuk menyingirkan kolesterol dan mengentikan produksi kolesterol di hati. Menurut Healthline, salah satu serat larut, pektin, dapat menurunkan kolesterol hingga 10 persen. Selain dalam buah berry, pektin juga dapat ditemukan dalam buah-buahan seperti apel, buah-buahan sitrus, dan stroberi. Buah beri dan anggur mengandung komponen bioaktif yang membantu menjaga penyakit jantung dan penyakit kronis lain karena sifat antioksidan dan antiinflamasinya. Buah untuk menurunkan kolesterol seperti berry dan anggur dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL dan menurunkan kolesterol LDL.

Buah-Buahan Sitrus

Buah-buahan sitrus, seperti lemon, jeruk nipis, dan jeruk juga dapat dijadikan buah untuk menurunkan kolesterol. Menurut buku Healing Foods, buah-buahan sitrus mengandung hesperidin, yang disebut dapat menurunkan gejala hipertensi, sedangkan komponen pektin dan limonoid di dalamnya dinilai dapat memperlambat atheroklerosis atau pengerasan arteri dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Karena tinggi akan antioksidan flavon, buah-buahan sitrus juga dapat menurunkan risiko stroke pada wanita.

Tomat

Tomat juga merupakan salah satu buah untuk menurunkan kolesterol. Ya, tomat masuk ke dalam kategori buah, bukan sayuran. Tomat sesuai dengan definisi ilmiah merupakan buah karena terbentuk dari bunga dan mengandung biji. Jadi secara botani, tomat adalah buah. Tomat juga merupakan salah satu buah untuk menurunkan kolesterol. Menurut Doctor NDTV, buah ini mengandung berbagai macam vitamin, termasuk vitamin A, B, K, dan C, yang baik untuk kesehatan, seperti menyehatkan mata, kulit, dan jantung. Tomat juga kaya akan kalium sehingga dinilai ramah bagi jantung. Tomat tak hanya menjadi buah untuk menurunkan kolesterol, tetapi juga membantu menurunkan tekanan darah dan risiko stroke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top