Monday Jan 24, 2022

Lakukan Hal Ini Jika Atap Kalian Bocor

Selain bisa menyebabkan air merembes masuk ke lantai, dinding atau langit-langit, kebocoran atap juga bisa merusak berbagai barang yang ada di dalam rumah. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Bila atap rumah Anda bocor ketika hujan deras terjadi, jangan panik berlebihan. Segera lakukan hal-hal berikut untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.

Gunakan terpal

Sebagai upaya terakhir untuk mengatasi kebocoran atap yang ekstrem, Anda bisa mencoba menutupi bagian atap yang rusak dengan terpal. Namun berhati-hatilah karena memanjat ke atas atap rumah di tengah hujan deras sangat berbahaya. Sebaiknya tunggulah hujan reda atau hubungi tenaga profesional untuk memasang terpal tersebut.

Menampung air hujan pada bagian yang bocor

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menampung air rembesan hujan pada wadah tertentu misalnya ember atau loyang. Menampung air dalam satu wadah tidak hanya akan mempermudah pembersihan, tetapi juga mencegah kerusakan pada lantai dan sebagian besar dinding rumah. Anda pun bisa menghemat biaya perbaikan hunian.

Tiriskan kantong Air

Jika Anda melihat tonjolan basah di langit-langit atau dinding, kemungkinan rumah Anda memiliki kantong air yang terbentuk dari kebocoran atap. Untuk mencegah kerusakan yang lebih besar pada struktur atau interior rumah Anda, Anda perlu menguras kantong-kantong air ini. Siapkan ember lalu gunakan pemecah es atau obeng untuk membuat lubang kecil di dinding atau langit-langit agar air bisa keluar.

Pindahkan Furnitur dan alat elektronik

Selanjutnya, pindahkan segera furnitur serta alat-alat elektronik dari tempat yang bocor. Furnitur yang terkena rembesan air hujan mudah rusak terutama yang terbuat dari material kayu. Air yang bocor dari atap biasanya megalir ke dinding rumah, di mana merupakan tempat listrik mengalir. Mencabut dan melepas alat elektronik secepat mungkin akan menimimalkan risiko yang lebih berbahaya seperti terkena sengatan listrik.

Keringkan area rembesan

Cobalah untuk mengeringkan area yang terkena rembesan secepat mungkin. Genangan air, terutama di daerah yang sejuk dan gelap, memicu tumbuhnya jamur. Gunakan handuk dan berikan aliran udara di area rembesan untuk menghilangkan kelembapan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top