Monday Jan 24, 2022

Minuman Alternatif Pengganti Kopi

Anda tidak perlu khawatir, sebab masih ada minuman lain yang bisa menjadi alternatif untuk menggantikan kopi. Berikut minuman yang bisa dicoba untuk menggantikan kopi agar tetap terjaga.

Dark chocolate

Dark chocolate atau cokelat hitam dapat menjadi alternatif bagi Anda yang rindu rasa pahit kopi. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal, konsumsi dark chocolate setiap hari dapat meningkatkan energi, membantu kinerja sistem pencernaan, serta meningkatkan fungsi dan pertumbuhan otak. Selain itu, dark chocolate memiliki kandungan kafein yang lebih sedikit daripada kopi, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan melebihi batas ideal konsumsi kafein dalam sehari.

Kombucha

Kombucha adalah minuman fermentasi yang terbuat dari teh dan gula. Adapun fermentasi dilakukan menambahkan ragi yang dikenal dengan nama scoby. Ragi ini mengandung asam organik, vitamin, asam amino, dan probiotik. Tidak hanya mencegah kantuk, kombucha juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara mendukung kinerja usus. Adapun kandungan vitamin B di dalamnya juga akan dapat memberi dorongan energi, sehingga cocok dikonsumsi saat sedang lesu.

 

Air Kelapa

Air kelapa adalah minuman alami yang menyegarkan dan menyehatkan. Minuman ini dapat membantu menghidrasi tubuh serta mengobati rasa kantuk. Selain itu, rasa manis alami dari air kelapa dapat menjadi alternatif baik untuk menggantikan minuman isotonik kemasan yang biasanya banyak mengandung gula. Namun, sebaiknya Anda memilih air kelapa murni daripada air kelapa kemasan. Jika terpaksa membeli air kelapa kemasan, pastikan untuk mencermati daftar komposisinya terlebih dahulu. Hindari minuman yang mengandung tambahan gula atau perasa.

Sparkling water

Sparkling water adalah salah satu minuman alternatif untuk mengobati kantuk pada pagi atau siang hari. Meskipun bisa mengobati kantuk, minuman ini tidak mengandung kafein. Anda dapat menambahkan perasan lemon atau jeruk nipis agar rasanya semakin segar. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan irisan mentimun dan daun mint untuk memberikan sensasi rasa yang berbeda pada sparkling water. Namun, bagi Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan atau diet, sparkling water mungkin bukan pilihan terbaik. Sebab, minuman ini termasuk minuman berkarbonasi yang punya kandungan gula.

Teh hijau

Tahukah Anda, seperti halnya kopi, teh hijau juga mengandung kafein dan mampu menambah energi pada pagi hari. Menariknya, teh hijau mampu melepaskan kafein ke dalam tubuh dengan cara lebih lambat daripada kopi, sehingga akan membuat tubuh Anda lebih rileks. Tak hanya itu, teh hijau juga membantu Anda agar lebih berkonsentrasi, mencegah kanker, dan meningkatkan metabolisme tubuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top